Wahai Putra Terbaik Indonesia Jadilah Pegawai Negeri

Tahukah anda bahwa :

1. Indonesia hanya masuk ranking 126 dari negara dengan pemberantasan korupsi yang baik

2. Mata uang rupiah masuk dalam 6 besar mata uang terlemah di dunia

3. Total utang Indonesia sebesar 1500 trilyun

4. Indonesia peringkat 6 dari negara dengan birokrasi terlama yaitu 151 hari untuk mendirikan sebuah perusahaan baru

5. Jumlah warga miskin di Indonesia mencapai 35 juta orang

6. Ada 10 juta orang pengagguran di Indonesia

Apakah data-data di atas membuat hati anda miris?

Sebagai pemuda Indonesia, saya yakin anda prihatin dengan keadaan bangsa ini. Saya yakin anda pasti ingin berbuat sesuatu untuk memperbaiki Indonesia.

Lalu apa yang sudah anda perbuat?

BERANTAS KKN

TURUNKAN HARGA SEMBAKO

BERANTAS KEMISKINAN

Apakah slogan-slogan yang sering diteriakan mahasiswa di jalan –jalan itu cukup?

 

Ketika pemerintah akan menaikan harga BBM dari 4500 menjadi 6000 beberapa waktu yang lalu, muncul gerakan-geralan protes dan demonstrasi dari mahasiswa. Beberapa orang teman mengajak saya untuk ikut dalam demo tersebut.

Saya bertanya pada salah satu dari mereka  kenapa kita harus demo?

Dia menjawab, karena pemerintah sudah menyengsarakan rakyat, dalam kondisi ekonomi yang sulit, masih dibebani kenaikan harga BBM.

Saya bertanya lagi, kamu tahu gak kenapa pemerintah menaikan harga BBM?

Dia menjawab, “ya katanya karena harga minyak naik, tapi kata temen-temen masih ada laternatif yang lain.”

Saya kejar lagi, “temen-temen siapa? alternatifnya apa?”

Dia hanya bisa menjawab, “ya pokoknya gitu.”

Semangat tanpa ilmu inilah yang menjangkiti mayoritas pemuda- pemuda kita. Saya tidak memungkiri bahwa memang ada beberapa orang yang benar-benar memahami masalah. Banyak ide-ide mereka yang sangat baik bagi perbaikan di negeri ini. Tapi ide itu hilang begitu saja ditelan waktu karena mereka, pencetus ide-ide itu hanya mau memberikan ide, tapi tidak mau mewujudkannya langsung dengan menjadi birokrat pemerintah.

Selama ini, saya belum menemukan satupun rekan-rekan saya yang kuliah di universitas-universitas unggulan apakah itu UI, ITB, UGM, Undip, Unbraw, Unair, Unpad, atau universitas lain, yang bercita-cita menjadi PNS. Ketika saya tanya mau kerja dimana? Mereka akan menjawab kerja di perusahaan A, atau membuat bisnis B, kerja di negara C.

Saya sering mendengarkan diskusi-diskusi mereka tentang perbaikan bangsa ini, dan masya Allah, ide-ide mereka sangat bagus. Tapi tidak ada satupun dari mereka yang mau mewujudkan ide mereka tersebut. Hal ini sangat menyedihkan hati kita.’

pns

Ketika anda punya ide di bidang pertanian, masuklah ke Departemen Pertanian

Ketika anda punya ide di bidang hukum, masuklah ke Departemen Hukum dan HAM

Ketika anda punya ide di bidang keuangan, masuklah Departemen Keuangan

Jika anda melihat peradilan di Indonesia tidak baik, masuklah anda ke MA atau Kejagung. Jadilah hakim dan jaksa yang baik

jika anda melihat Kepolisian RI tidak baik, jadilah anda polisi yang baik.

Jika anda melihat banyak bupati, gubernur, menteri yang korupsi, Jadilah anda bupati, gubernur, dan menteri yang tidak korupsi.

Dengan masuknya anda ke dalam birokrasi pemerintahan, berarti anda telah menambah jumlah orang-orang baik dalam pemerintahan. Karena sebenarnya banyak PNS-PNS yang pada awalnya idelalis tapi idealismenya tergerus oleh lingkungan yang tidak baik. Bantulah perbaikan negeri ini dari dalam. Jangan hanya bisa berteriak di jalan-jalan saja.

Bisa  dibaratkan seperti sebuah rumah yang dihuni oleh beberapa orang. Ada yang bertugas membersihkan rumah. Ketika hasil dari kerja dia membersihkan rumah kurang maksimal, penghuni yang lain mengatakan, “pekerjaanmu jelek, seharusnya membersihkan rumah itu begini dan begitu” Tapi ketika dia diminta untuk mempraktekkannya, dia tidak mau. Akibatnya kondisi rumah tetap tidak rapi, malah terjadi cekcok antara penghuni rumah.

Kita tentu tidak ingin hal ini terjadi di negeri tercinta kita ini Indonesia.  Oleh karena itu saya menghimbau kepada putra-putra terbaik bangsa ini, Jadilah pegawai negeri.

Tidak harus semuanya. Cukup 10000 atau 20000 orang saja dari mereka yang sering turun ke jalan dan berteriak tentang perbaikan di negeri ini. Dan mereka tetap konsisten dengan ucapan mereka selama ini. Saya yakin perubahan yang kita harapkan insya Allah akan segera tercapai.

WAHAI PEMUDA INDONESIA JADILAH PEGAWAI NEGERI

25 Tanggapan

  1. Pertamaxx… ??

  2. Saya setuju dengan tulisan ini.
    Mumpung masih muda dan punya kemampuan lebih
    (dari segi fisik maupun kesempatan)
    tunjukkan pada dunia kemampuanmu dengan karya nyata
    Kalo sedari muda, cuman bisa OMDO
    gmana tuanya nanti…???

    Ya memang penyakit OMDO ini yang masih menjangkiti sebagian besar pemuda-pemuda kita. Itu yang harus segera dihilangkan, agar negara ini bisa maju

  3. Untuk pemuda-pemudi yang suka protes di jalan dengan idealisme-idealismemu:
    Cobalah berkubang di tempat yang kau protes itu, selami masalahnya, temukan inti sari dari masalahnya dan kalau bisa pecahkan bersama-sama dengan kawanmu yang seidealisnya denganmu. Jangan hanya gembar-gembor gak karuan, bawa bendera, bakar bendera, bakar ban, dsb atas nama rakyat, padahal sebenarnya aksimu itu memperlambat kesejahteraan rakyat sendiri.

    Dengarkan ini wahai pemuda

    Menilai memang lebih mudah daripada menanggapi, berkomentar memang lebih mudah daripada menjalani. Jadi jangan biarkan diri kita sebagai generasi muda bangsa ini hanya seperti burung beo di dalam sangkar. Pikir, Tanggap, Gerak, dan Tindak…itulah yang seharusnya kita lakukan.

    3M : Mulai dari diri sendiri
    Mulai dari yang kecil-kecil
    Mulai dari sekarang

    Gak harus jadi PNS kok, jadilah apa yang kita bisa dan kita mampu demi kemajuan kita, keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara. Lagian berjuang gak harus pake bambu runcing khan?

    Setuju mas topik

  4. no comment deh….

    Kaya artis aja mas. no coment.hehe

  5. googd..good…
    membangkitkan semangat kebanggaan karena memang akan jadi PNS..
    lagi pula,,biarpun image PNS itu “kurang bagus” yang katanya males2n ato apalah..tapi setidaknya mereka itu yang mengabdi sama negara..tanpa mereka,,kontak kita dengan pemerintah akan sangat susah kan??
    kalo PNS menjadi second choice buat orang2 pintar di negeri ini,,akan jadi appa negara 15 tahun mendatang???jika yang memegang birokrasi juga merupakan orang2 yang biasa2 saja.
    MARILAH KITA JADI PNS,,demi negeri dan juga anak cucu kita…

  6. semoga putra/i terbaik bangsa ini jadi PNS bukan karena pingin Korupsi

    Amin

  7. kalo ini saya setuju rif,hahaha…

    -salam kenal dari sesama peserta lomba blog-

    (tapi dewek kan wes kenal ya?, kepiwe kuwe? :lol:)

    Ku pegang janjimu is. awas ya nek ra ndaftar pns sesuk.🙂

  8. banyak orang mao jadi PNS, tapi semua juga tau, untuk jadi PNS itu harus punya kenalan orang dalem or harus bayar paling gak diatas 5 juta……

    Gak juga kok mas. Banyak cara untuk menjadi PNS tanpa harus nyogok. Salah satunya adalah seperti yang kami lakukan dengan kuliah di sekolah kedinasan yaitu Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN).
    Buat masuk STAN saya tidak pernah mengueluarkan uang sepersen pun buat nyogok. Saya cuma modal badan aja. Dan alhamdulillah diterima.
    Buat yang dari perguruan tinggi lain, asalkan anda kompeten tidak sulit untuk menjadi pegawai negeri.

  9. Tidak selamanya demonstrasi itu buruk. Tidak selalu yang teriak-teriak di jalan itu salah.
    Mereka menjadi pengontrol efektif terhadap ketidakberesan birokrasi (PNS yang menyalahi amanah).
    Ketika seorang mantan demonstran menjadi birokrat dan lalu berbuat salah, maka muncullah demonstran baru yang mengontrol ketidakberesan birokrat tersebut.

    Kebanyakan orang akan lebih menghargai jika kritikan yang ditujukan kepadanya disampaikan secara personal, tidak diumbar di hadapan umum. Jadi lebih baik menasehatinya secara face to face. Tidak dibuka ke khalayak ramai.

  10. wah maaf saya kemaren tidak bisa membaca maksud anda dengan baik. berarti saya salah komen. saya setuju dengan pendapat saudara memajukan Indonesia. tapi saya sama sekali tdk menyangka kalau semua pemuda pemudi HARUS jadi PNS. karena itu TIDAK MUNGKIN.
    sekarang dilihat aja presentase yang pendaftar PNS sama yang diterima jadi PNS. ga imbang.

    Makanya saya bilang “putra terbaik indonesia” Jadi gak perlu semuanya. Cukup 10000 atau 20000 putra terbaik bangsa ini yang jadi pegwai negeri. Perubahan akan datang dengan sendirinya.

    dan dilihat donk kenapa mereka semua pengan jadi PNS. ha, hitung deh berapa yang mau memajukan Indonesia dengan jadi PNS. dan hitung berapa banyak yang mau hidup terjamin dengan jadi PNS.

    Itulah masalahnya. Sedikit sekali orang yang menjadi pegagwai engeri untuk memperbaiki bangsa ini. Dengan adanya artikel ini, semoga bisa menambah orang-orang yang ingin menjadi pegawai negeri untuk menjadi agen perubahan menuju Indonesia yang lebih baik

    tapi saya tetap setuju, kalo emang menganggap suatu itu buruk, cobalah menjadi dia, yang baik.
    kalo punya ide buat suatu bidang, wujudkanlah.
    tadinya saya fikir maksudnya begitu😀

  11. @poconggaul
    Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Komen bapak gak sengaja terhapus ketika saya akan mereply komen bapak.
    Tapi intinya adalah memang saat ini sistem rekruitmen pegawai negeri belum begitu baik. Oleh karena itu, jika bapak memiliki ide tentang sistem yang lebih baik. Masuklah ke dalam sistem itu. Perbaiki dari dalam. Itu akan lebih efektif dibandingkan hanya berteriak dari luar.

  12. hha??
    PNS ya?
    no comment aj deh..

  13. hhhmmm,,,
    menarik sekali,,,

    mungkin memang banyak pemuda-pemuda kita yang kritis, tapi terkadang tidak solutif,,,
    yang penting mah jalan we,,,hehehe,,,
    yah,,mungkin kita masih terlena oleh euforia reformasi, yang sudah berjalan sejak 10 tahun yang lalu,,

    kok bisa ya banyak ide cemerlang dari para pemuda yang tidak terealisasi?apa penyebabnya ya??
    kurangnya medium penyampaian kah? kurangnya lapangan kerja kah? atau pemerintah yang kurang peduli??
    haduh, semakin meluas saja ini,,
    hehehe,,

    idealisme memang selalu terbentur dengan uang, bonus, dan lain-lain, yang semuanya bernaung dalam satu kata, “komersialisme”.
    ketika kita dihadapkan dengan hal tersebut, tentunya bagi yang idealisme dan prinsipnya lemah, tentu akan terjebak dengan “komersialisme”.

    Oleh karena itu dibutuhkan pemuda-pemuda kita yang memiliki idealisme dan prinsip yang kuat, sehingga tidak terjebak dalam komersialisme

    di sini perlu adanya semacam, mungkin dapat saya katakan, perbaikan moral.
    sekarang, dapat kita lihat pada pejabat-pejabat kita yang terkena tindak KKN. yah,,semakin bertaburan saja,,,,
    tingginya gaji memang belum tentu dapat menghilangkan keinginan untuk KKN,,,
    hohohoho,,,

    Memang sudah sifat manusia tidak pernah merasa puas

    menjadi PNS memang mendukung pembangunan di Indonesia. lalu, masalah selanjutnya adalah apakah lapangan kerja untuk PNS itu sendiri mencukupi??

    Oleh karena itu, hanya putra terbaik bangsa inilah yang harusnya menjadi pegawai negeri ( saya tidak membatasi hanya PNS saja, tapi TNI dan POLRI juga termasuk). Cukup 10000 atau 20000 orang saja. Niscaya perbaikan akan segera terjadi.

    yang saya tahu, tiap tahun, tiap PTN/PTS meluluskan mahasiswanya, yang sudah bukan rahasia lagi, berjumlah ribuan. ketika hal itu dihadapkan dengan peluang menjadi PNS, sebandingkah??
    sepertinya berat,,,

    Justru disinilah seleksi untuk mengeliminasi orang-orang yang tidak kompeten. Masalah sogok menyogok sekarang ini sudah tidak sebanyak dahulu. Makanya pemuda-pemuda terbaik seperti Resti selayaknya berusaha untuk menjadi negeri. Agar pegawai negeri tidak diisi oleh orang-orang yang tidak memiliki niat baik untuk negara ini.

    satu hal,,,
    cukup lakukan apa yang seharusnya kita lakukan,,,

  14. hem….
    ide yang bagus untuk memotivasi pemuda untuk menjadi PNS.
    Btw, q PNS juga lho…

    Bertambah satu pegawai negeri yang berusaha memperbaiki bangsa ini. Sapa lagi mau nambah?

    Ayo… bagi kalian yang belum jadi PNS ga usah bingung…

    Ada tipnya kok di http://masrobertk.wordpress.com/2009/01/29/perubahan-nyata-untukmu-indonesiaku/

  15. Makanya saya bilang “putra terbaik indonesia” Jadi gak perlu semuanya. Cukup 10000 atau 20000 putra terbaik bangsa ini yang jadi pegwai negeri. Perubahan akan datang dengan sendirinya.

    saya jadi agak tidak mengerti maksudnya. jadi yang dimaksud putra terbaik apa nih? orang yang ngerasa dirinya terbaik? hampir semua orang akan merasakan hal itu seumpamanya kesempatan untuk menjadi PNS terbuka di mata mereka.
    dengan ngomong gitu saya jadi berpikir bahwa ada yang tidak pantas menjadi PNS karena mereka bukan yang terbaik dari yang ada. atau mungkin saya hanya terlalu beburuk sangka:D

    kalo memang putra terbaik dipilih dengan cara mengeliminasi, bukankah itu sudah dilakukan. berarti jika memang yang kamu maksud begitu, bukankah pemerintah sudah melakukannya?? penerimaan PNS bukannya sudah melalui tahap eliminasi?

    ada satu komen di blogku yang mengomentari komenmu di blogku rif. coba dilihat. agak menggelitik juga komennya.

    @resti :

    satu hal,,,
    cukup lakukan apa yang seharusnya kita lakukan,,,

    wah, saya setuju banget ini. segala sesuatu lebih baik dimulai dari diri sendiri. melakukan hal yang terbaik yang bisa dilakukan dari diri sendiri dulu.😀 jika memang seseorang mencintai diri sendirinegaranya, pasti tidak akan melakukan hal yang buruk buat dirinya sendiri dan negaranya. disinilah pentingnya nasionalisme.

  16. buat temen2 yg bingung mw jadi apa,.
    baca ini dlu d,.

    biar tw enak ny jd pegawai negeri,.
    hhaha,.

  17. benang kusut : Jangan sampe departemen-departemen di indonesia diisi oleh orang-orang yang gak bener.

    Pinter aja belum menjamin jadi bener .Hehehe….
    Yang bener pinter itulah yang susah.

  18. hahahahaha….

    gajinya gimana??

  19. hahahaha….

    yang paling berharga saat mahasiswa adalah idealisme kita

    kenapa idealisme tdk pernah bertahan adalah

    karena kenyataan bukanlah keadaan yang ideal

    mungkin saya lebih setuju jika kalian punya ide atau gagasan tidak perlu menjadi seorang PNS tapi cukuplah jadi seorang warga negara yang cinta negaranya….ngerti kan maksudnya

    bukan masalah PNS atau bukan PNS tetapi masalah seberapa besar nasionalisme kita

    problemnya adalah anggapan bahwa menjadi PNS itu adalah profesi bukan pengabdian
    kalo sbagai profesi maka idealisme kita adalah uang bukan pelayanan

    kita kembali saja kemasalah dasar yaitu apakah memang kita berniat memajukan bangsa atau tidak

    jadi menurut saya jadi PNS cuma contoh kecil
    konsepnya adalah

    jika kalian ahli dalam sesuatu dan sanggup berkarya maka berkarya-lah tidak hanya untuk dirimu sendiri tapi juga untuk bangsa

    pembangunan mental dan tindakan lah yang penting…

  20. setuju…

    sistem birokrasi negara kita saat ini sangat2 membutuhkan generasi2 penerus terbaik yang sapat memperbaiki keadaan negeri tercinta ini…
    yang dimaksud “terbaik” di sini tentunya adalah memiliki kompetensi yang tinggi dan (yang paling penting dan sangat krusial)
    moralitas yang tinggi dalam menjalankan kompetensinya tsb

    ayo jadi PNS dan perbaiki negeri ini!!
    dan jika ada yang bertanya soal gaji PNS,ada ucapan salah satu menteri kita yang cukup mengesankan saya:
    “anda tidak perlu takut atau khawatir mengenai nasib anda saat anda menjadi seorang PNS. menjadi PNS tidak akan membuat anda menjadi kekurangan apalagi miskin. anda akan memperoleh sesuatu pengembalian yang layak sesuai dengan apa yang telah anda lakukan. hanya orang2 tamak yang akan merasa tidak puas atas apa yang telah diperolehnya, dan akhirnya melakukan penyimpangan2 dalam menjalankan tugas mereka!”

    jadi, selain punya kemampuan, jg harus bermoral y!!
    dan yang paling penting….mari lakukan yang terbaik untuk Indonesia tercinta!

  21. setuju…secara saya kuliah sekampus…:mrgreen: calon pns insyaAllah

    Semoga bisa menjadi agen perbaikan di negara ini. amin

  22. huahuahaa…(ini tulisan serius kok, terus knapa saya ketawa ya?) judulnya lucu siiihh…
    boleh lah boleh…
    dan satu lagi usul saya,
    yang muda yang bertindak yap?
    supaya ide2nya fresh begituuu hehehe….
    kalo beda pendapat sah2 aja nih.ditunggu komennya di blog sayah

    yang tua juga jangan diam saja. mari bekerjasama antara yang tua dan yang muda.

    MethodPanda

  23. masyaallah…

    ide yg jitu,,,

    tnyata lahir dr sodara sedaerah..

    barakallahufiik

  24. menurut saya, daripada jadi PNS lbh baik jadi entrepreneur. waktu ikut seminar Nice kemarin yg diadakan kopma, Helmy Yahya bilang sambil mencatut sebuah pendapat seorang ilmuwan “sebuah negara klo mo maju, paling nggak harus ada 2% dari rakyatnya yang menjadi entrepreneur” trus dia menyebut prosentase entrepreneur yg berada di banyak negara, dan indonesia yg paling terakhir. tau berapa prosentase entrepreneur yg berada di Indonesia?? cuma 0,18%!!!!! jauh banget dari yg seharusnya.

    walopun aku gak tahu kriteria apa yg dipake dalam penelitian itu sehingga bisa menyebut seseorang sbg entrepreneur, tapi aku tetep yakin being an entrepreneur is what it takes to heal indonesia. a good and honest entrepreneur that is…

    menjadi entrepreneur bisa memberi lapangan pekerjaan bagi orang lain dan keluarga2nya. Menjadi entrepreneur melatih kita belajar management: time management, money management, people management, self management, dll. Menjadi entrepreneur mempunyai prospek penghasilan yg jauh lbh besar daripada PNS. Menjadi entrepreneur yg baik dituntut untuk sering silaturrahiim dan sedekah, belajar terus menerus, berpikir kreatif, bekerja keras, jeli, dll.

    so, be an entrepreneur!!!!!!

    intinya adalah: gabung di Komunitas Entrepreneur STAN yuk!!!!

    hehehehehe

    senggol dikit Rief…

  25. setujuu mas.. sya jg sekampus soalnya hehe
    saya izin copast ya mas.. siapa tau banyak yang tergugah (baca : tobat) untuk sadar dan mau ikut mengurusi negara ini😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: