Syarat Jadi Anak STAN

Syarat jadi anak STAN

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara atau disingkat STAN merupakan sekolah yang banyak diminati orang. Banyak hal yang menyebabkan hal itu ,. Bahkan sampai muncul sebuah guyonan :

Gak enaknya jadi anak STAN :

1. Kuliah mau bayar gak boleh, malah dikasih gratis

2. Buku mau beli , malah dikasih gratis

3. Lulus mau cari kerja gak boleh, disuruh kerja di Depkeu jadi PNS pula

Gak enak banget kan?? J

Ditambah lagi image yang berkembang di masyarakat kalo PNS apalagi Departemen Keuangan pasti terjamin hidupnya. Hal inilah yang membuat tiap tahun puluhan ribu orang rela berdesak-desakan untuk mendaftar di STAN.

Sebenarnya apa saja sih syarat yang harus dipenuhi agar bias jadi anak STAN? Di sini saya tidak akan membahas syarat2 teknis (mis. Rata2 nilai min 7, umur max 21 thn,etc). Akan tetapi yang saya bahas adalah syarat2 non teknis yang biasanya ada pada anak STAN.

1. Syarat agar bisa diterima di STAN

Cuma satu syarat agar anda bisa diterima di STAN yaitu anda harus punya KEBERUNTUNGAN. Ya, yang anda butuhkan hanyalah keberuntungan. Anda tidak harus dari sekolah favorit, anda tidak harus pintar, anda tidak harus belajar soal2 USM STAN tiap hari.

Kesimpulan ini saya peroleh, dari kejadian2 nyata di sekitar saya. Contohnya, saya sendiri di SMA dulu saya bukanlah orang yang menonjol dalam bidang akademis. Ranking biasa2 saja. Nilai ujian akhir pun pas2an buat daftar di STAN. Persiapan saya dalam menghadapi USM STAN pun biasa saja, bahkan bisa dikatakan minim. Saya belajar soal2 USM STAN hanya beberapa hari sebelum ujian. Itupun hanya sekilas saja. Karena waktu itu sebenarnya saya tidak begitu minat masuk ke STAN. Saat mengarjakan ujian pun biasa saja. Bahkan soal bahasa Inggris +- 80% asal jawab saja. Tapi –alhamdulillah- saya tetap diterima. Banyak teman-teman yang mengalami kejadian serupa. Mereka saat SMA biasa saja. Tapi malah keterima.

Padahal banyak teman2 saya yang jauh lebih pintar dari saya baik dari segi akademis,IQ,EQ,SQ, mereka malah tidak diterima. Padahal ada yang mulai belajar beberapa bulan sebelum ujian, ada yang ikut bimbel, dan banyak lagi cara yang mereka lakukan untuk agar bisa berstatus mahasiswa STAN.

Mengapa anak2 pandai ini tidak diterima di STAN? Jawabnya satu, mereka tidak punya KEBERUNTUNGAN seperti yang kami (anak –anak biasa) miliki. Pertanyaannya adalah bagaimana caranya anda bisa mendapatkan KEBERUNTUNGAN itu?

Jawab: Kita kembalikan siapakah yang mengatur hidup kita. Ya jawabannya adalah Allah Tuhan Semesta Alam. Dialah yang mengatur segala sesuatu di dunia ini. Oleh karena itu mintalah kepadaNya. Di sini bukan berarti saya menyuruh anda untuk tidak berikhtiar, hanya berpangku tangan saja. Akan tetapi yang saya maksudkan disini adalah untuk masuk STAN anda tidak harus pintar.

2. Syarat Agar Tetap Menjadi Mahasiswa STAN alias Tidak DO (Drop Out)

Momok yang paling menakutkan bagi mahasiswa STAN adalah DO. Ada banyak cara agar kena DO:

1. Absensi kurang dari 80% per semester

2. IP semester ganjil dibawah 2,41 atau IPK semester genap dibawah 2,75

3. Mendapatkan satu saja nilai E di semua mata kuliah atau nilai D di mata kuliah tertentu

4. Berbuat sesuatu yang mencoreng nama baik almamater

5. Dll

Berdasarkan pengamatan saya selama ini, memang untuk masuk ke STAN yang diperlukan adalah keberuntungan. Akan tetapi agar dapat terus bertahan, tidak hanya mengandalkan keberuntungan semata. Tapi juga kepintaran.

Mahasiswa STAN dapat diklasifikasikan menjadi 4 golongan:

1. Mahasiswa IP > 3,5

Mahasiswa jenis ini biasanya terdiri dari mahasiswa yang pintar dan juga rajin. Dasarnya dia sudah pintar, ditambah dia rajin belajar, mengerjakan tugas-tugas, buku-buku tebal jadi santapan sehari-hari. Saya menjumpai sendiri teman saya ada yang sampai hafal pembahasan tentang ini ada di halaman berapa, tentang itu di halaman berapa. Dan memang IPnya tinggi.

2. Mahasiwa IP 3,0 – 3,5

Mahasiswa jenis ini terbagi dua:

· Mahasiswa pintar tapi tidak rajin

Sebenarnya dia pintar, hanya saja dia tidak rajin. Membaca buku malas, mengerjakan tugas juga malas. Tapi karena dasarnya pintar jadi dia masih dapat mengikuti mata kuliah yang didapatnya

· Mahasiswa rajin tapi tidak pintar

Dia rajin mengerjakan tugas, rajin membaca buku. Akan tetapi karena dasarnya dia tidak pintar sehingga prestasinya tidak dapat menyamai mahasiswa yang sama-sama rajin, tapi mendapatkan anugrah kepintaran.

3. Mahasiswa IP 2,75 – 3,0

Mahasiswa jenis ini biasanya terdiri dari mahasiswa dengan kemampuan standard an tingkat kerajinan yang standar juga sehingga prestasinya sulit naik. Tapi ada juga mahasiswa yang punya dasar pintar, tapi dia kelewat malas masuk ke jenis ini.

4. Mahasiswa IP < 2,75

Mahasiswa jenis inilah yang tereliminasi dari medan pertempuran di STAN ini. Mahasiswa jenis ini terdiri dari:

· Mahasiswa tidak pintar meskipun rajin

· Mahasiswa standar tapi tidak rajin

· Mahasiswa tidak pintar dan juga tidak rajin

Jadi jika anda sudah masuk ke STAN, anda ukur kemampuan anda, termasuk dimanakan anda. Pintar, standar, tidak pintar. Setelah itu pilih berapa IP yang anda inginkan. Caranya adalah dengan mengatur tingkat kerajinan anda. Contohnya jika anda pintar, dan anda ingin IP diatas 3,5 maka anda harus rajin. Tapi jika anda ingin IP antara 3- 3,5 maka anda jangan terlalu rajin. Semua terserah anda.

Pembagian di atas hanyalah pembagian secara umum. Mungkin ada beberapa kasus yang tidak sesuai dengan pembagian di atas. Tapi secara umu memang itulah gambaran keadaan di STAN. Semoga artikel ini bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya.

Jurangmangu, 11 November 2008

33 Tanggapan

  1. hdoh.
    menggoda banged artikel nya.
    jadi bener bener pengen masuk stan dh.
    hhe

  2. thanks ma atas infonya..,hehe

    SAMA2

  3. Beberapa orang teman tidak setuju dengan artikel saya di atas tentang keberuntungan. Kata mereka tidak hanya keberuntungan saja yang membuat kita bisa diterima di STAN, tapi kepintaran juga berpengaruh.
    Kata pepatah Orang Arief Siap Menerima Kritikan Dari Siapa Saja
    Karena nama saya Arief, jadi kritikan tersebut saya terima.🙂
    Tiap orang boleh punya opini. Saya tetap pada pendirian saya sebelumnya. yakni yang dibutuhkan untuk masuk STAN adalah keberuntungan dengan 2 alasan:

    1. Yang mengatakan anak STAN itu aslinya memang pintar-pintar, mungkin benar karena salah satu syarat yang ditetapkan lembaga adalah nilai rata2 UAN/UAS adalah min.7. Tapi sekali lagi, nilai UAN/UAS bukanlah ukuran. Banyak anak yang rata2nya 9, tapi dia tidak bisa masuk STAN. tapi banyak pula anak yang nilai rata2nya 7 mepet, tapi malah keterima.

    2. Setelah menulis tentang syarat untuk masuk STAN adalah keberuntungan. Saya menuliskan tentang syarat agar bisa bertahan di medan laga STAN. Disinilah seleksi alam terjadi. Orang-orang yang gak kuat dalam pertempuran akan berguguran.

    Saya ucapkan terimakasih buat teman-teman yang telah memberikan saran dan kritiknya meskipun dari balik layar.
    Jaya terus Akunisti

  4. Saya menjual buku tutorial dan CD Aplikasi Akuntansi dengan harga hanya Rp. 330.000,-

  5. hhehehehe…
    setuju kak,,
    aku juga nggak pernah belajar usm stan..hhahahai

  6. takdir mungkin kata yang lebih tepat..

    Tidak masuk STAN bukan berarti anda tidak beruntung. Masing-masing orang punya jalan keberuntungannya sendiri-sendiri.

  7. @takkay setuju

  8. setujuh, delapang, sambilan, sapuluh!!

  9. Saya baru nyadar kalo ternyata artikel saya bagian bawahnya ada yang kehapus.
    Ntar deh saya cari dulu artukelnya di komp saya.

  10. ad kunci jawaban accounting principle warren fees edisi 22 guak ?

    ksh tw kbr ny ych !!!

    Maaf untuk saat ini yang saya punya cuma sampai edisi 21. Tapi sebenarnya secara umum sama saja antara 21 dan 22, cuma beda di angka saja.

  11. ou yau,knp d stan yg do bnyk dr akun ych ???? huh, jd takut dech….

    Jadi anak akun tuh harus punya mental yang kuat. tiap kali habis uas, gak bisa tidur mikirin nilai. Tapi asyik juga kok jadi akunisti. Dapet pelajarannya komplit. Pajak dapet, anggaran dapet. trus bisa detampkan dimana saja

  12. y aq stuju bagedh tu…..
    keberuntungan d atas sgalany….tp hrs t2t punya bkal….stan wait me!!!

  13. ahhh.,.,.,pengen banget masuk stan.,,
    semoga aq salah satu dari orang beruntung itu.,.,.,.amin

    Insya Allah bisa🙂

  14. hmmmmmmm…
    ttep semangat msug stan dunk !!!!!!
    smoga ktrima..
    AMIEN !!!!!!

  15. huhu… idem lah!
    eh bang mo nanya ni…
    jumlah rata” DO per smester brapa ya…
    banyak gak!

    per spesialisasi beda2.. tapi yang paling banyak akuntansi.. paling per tahunnya 20an lah.. gak banyak kok🙂

  16. AQ peNgeeeNb4ngetzs msUk sTAn mUdah2 dgN izin Allah Swt aQ di trima ya …..Amiiin ..
    Do’a in yach aQ pNgen bgtz b’gbuNK dGn ka2k yG da di sTan okex tUnGgu aQ yach kak

  17. hehehe…
    kalau mau masuk stan,…belajar yang rajin,…jangan lupa berdoa….
    semoga anda diterima di STAN…. ^-^


    tips dari yang baru saja lulus😀

  18. hahah. setujuuu!
    ijin dong ka. artikelnya boleh di repost ga? hehe.

    Silahkan. .. Asal bermanfaat…

  19. jadi terkesima tuh sama bacaannya, hmm……….. enak banget yah masuk STAN, jadi pingin masuk,hehehe

  20. kak, apakah masuk STAN ada syarat tinggi badan? kalau ada, berapa tinggi maksimum nya? trimakash

  21. kak, syarat masuk STAN tinggi bdan minimal berapa? trimakash

  22. kak aq anak SMK jurusan akutansi, aq msi ragu u’ kuliah d STAN,coz tkut kalah saing sma anak2 SMA IPA/IPS yg lbh pinter2
    Pliz minta motifasi’a..

  23. qu jdi yakin nich pngen masuk STAN,,,
    mudah2an tahun bsoq aq beruntung,,,
    amin

  24. adakah minimal umur masuk stan ..??? karena anakku anak akselerasi 2 kali di smp dan sma …tolong dijawab yaa… apakah di tahun 2013 ada pembukaan masuk stan D3,..?? makasih

  25. pihak STAN ada jual buku pelatihan soal usm . kalau ada belinya caranya gmna kak

  26. Untuk Umur 22Th,LLS THN 2007 ms Bsa gha Yha?..
    Dgn Bermodal Pengetahuan PPJK

  27. Mudah”an Allah membantu saya (ALAM) LOLOS USM STAN dan menjadi Mahasiswa STAN yg Berprestasi Aamiin…

  28. masalah bersaing di STAN gaperlu takut, asal percaya diri dan berdo’a kepada Allah ,tetap berusaha , kalau takut itu bakalan kejadian , PD aja kaleee

  29. setuju bgt sm kak Arief

  30. tanggal 2 ini yg menentukan kita msuk stan atau tidak,
    smga saya lwat
    amiin
    doain jga ea kk
    kepingin x msuk stan

  31. artikel diatas memang benar. saya masuk dengan keberuntungan -__-

  32. berharap usm stan 2015 usia max 21 tahun. amin

  33. STAN ini memang selalu jadi rebutan setiap tahunnya

Tinggalkan Balasan

